ElementaryOS : Linux Rasa Mac dan Windows

by - Tuesday, March 07, 2017



Mungkin bagi sebagian orang kurang familiar dengan sistem operasi yang satu ini. Yup, Elementary OS sebuah sistem operasi yang masih satu keluarga dengan Linux. Elementary OS merupakan salah satu distro yang cukup bersahabat. 

Elementary OS adalah sebuah distro dari linux yang berbasis ubuntu. Distro ini menggunakan Desktop manager-nya sendiri yang bernama Pantheon dan terintegrasi dengan aplikasi bawaan elementary OS lainnya, seperti Plank (sebuah dock-bar berbasis Docky), peramban web Midori, dan Scratch (Teks editor yang sederhana). Distro ini menggunakan Gala sebagai Window Managernya, yang berbasiskan pada Mutter Windows Manager.
https://id.wikipedia.org/wiki/Elementary_(sistem_operasi)


Fitur-fitur pada elementary OS 0.4 Loki:

System Indicator Baru pada Wingpanel


Wingpanel dengan teks hitam
Wingpanel dengan teks hitam
Wingpanel dengan Background Hitam Semi-Transparan
Wingpanel dengan Background Hitam Semi-Transparan

Tampilan System Indicator pada elementary OS Loki didesain ulang, warna icon dan teks akan berubah menjadi hitam atau putih tergantung wallpaper yang digunakan

Audio Indicator


eos-loki-audio-indicator
Audio Indicator pada elementary OS Loki

Audio indicator didesain ulang dengan kontrol seperti Play - Pause - Next/Previous yang lebih ringkas untuk aplikasi Music, dan icon yang lebih besar untuk pengaturan Volume dan tombol switch untuk mute. Selain itu, ada penambahan tingkat sesitivitas Microphone ketika sedang digunakan

Network Indicator


eos-loki-network-indicator
Network Indicator pada elementary OS Loki

Kita dapat dengan mudah menyalakan dan mematikan konektivitas kabel (Wired) dan Wireless dengan Network Indicator yang baru. Berbeda dengan sebelumnya, kini daftar access point tidak dibagi ke dalam submenu lagi, sekarang berubah menjadi scrollable.

Selebihnya mengenai perubahan-perubahan dari elementary OS Loki dapat dilihat disini

You May Also Like

0 comments